Rosululloh menyebut Ibu tiga kali dalam haditsnya...ini sebabnya...

Rosululloh menyebut Ibu tiga kali dalam haditsnya...ini sebabnya..

Oleh: Lilis Andarwati


Nabi Muhammad SAW telah bersabda: Abu Hurairah meriwayatkan sebagaimana berikut, “ Ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW, lalu ia bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?” Beliau menjawab, “ Ibumu.” “ Lalu siapa lagi?” “ Ibumu” “ Siapa lagi?” “ Ibumu” “ Siapa lagi” “ Bapakmu.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

Jadi seorang ibu memiliki derajat 3 tingkat dibanding Ayah. Artinya sebagai anak dianjurkan untuk lebih banyak menyayangi dan berbakti kepada Ibu. Bahkan sudah dipopulerkan oleh Grup Nasida Ria Terbaik Indonesia dalam syair indah lagunya. Berikut lirik lagunya:

**********

Ibu........

Ibu kaulah

Wanita yang mulia

Derajatmu tiga tingkat

Dibanding ayah


Kau mengandung melahirkan

Menyusui mengasuh dan merawat

Lalu membesarkan

Putra putri mu ibu


Ibu kaulah

Wanita yang mulia

Derajatmu tiga tingkat

Dibanding ayah


Lautan kasih sayang

Pada setiap insan

Mataharinya alam

Sebagai perumpamaan


Dunia isinya

Belumlah sepadan

Sebagai balasan

Ibumu melahirkan


Do'a nya terkabulkan

Keramat di dunia

Kutuk nya kenyataan

Jangan coba durhaka


Surga nya tuhanmu

Di bawah kakinya

Ridho nya ibu

Ridho tuhan jua


Wahai jangan jadi anak durhaka


Ibu kaulah

Wanita yang mulia

Derajatmu tiga tingkat

Dibanding ayah


Lautan kasih sayang

Pada setiap insan

Mataharinya alam

Sebagai perumpamaan


Dunia isinya

Belumlah sepadan

Sebagai balasan

Ibumu melahirkan


Do'a nya terkabulkan

Keramat di dunia

Kutuk nya kenyataan

Jangan coba durhaka


Surganya tuhanmu

Di bawah kaki nya

Ridho nya ibu mu

Ridho tuhan jua


Marilah berbakti pada ibunda


Ibu kaulah

Wanita yang mulia

Derajatmu tiga tingkat

Dibanding ayah

**********

Mengambil inti sari dari hadits diatas mengapa Rosululloh menyebut Ibu sebanyak 3 kali. Sebab, bahwasanya seorang Ibu mempunyai 3 kewajiban utama dibanding Ayah.

Pertama: mengandung dan melahirkan

Mengandung/hamil memerlukan jiwa tenang, mental dan angan yang harus benar-benar siap menjadi seorang ibu. Menstabilkan emosi, memperbanyak sabar, berbagai ikhtiar sehat dilakukan, berbagai upaya doa dilantunkan untuk keselamatan anaknya dan dirinya disaat melahirkan. Nyawapun ikhlas rela dikorbankan demi lahirnya anak tercinta. Juga tak sedikit material yang telah dikeluarkan.

Kedua: Menyusui, mengasuh dan merawat. 

Menyusui mengharuskan ibu lebih banyak sabar dan fokus kepada bayi. Berusaha sebaik mungkin untuk melupakan hal-hal negatif lain yang ada di otaknya. Supaya pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi baik. Malam bagaikan siang, siang bagaikan perang berkecamuk dengan kegiatan lain. Tetapi betapa cerdas tangkasnya seorang Ibu bisa membagi waktunya dengan baik demi mengasuh dan merawat bayinya biar tumbuh kuat, cerdas dan sehat. Itu disebabkan oleh, lautan kasih sayang yang dimiliki  Ibu begitu melimpah berkah. 

Kemudian bagaimana seorang Ibu yang berkarier bekerja di luar rumah?. Tetap berikan penyusuhan, pengasuhan dan perawatan yang baik. Pilihlah seorang pengasuh yang berperangai baik, rajin beribadah dan berikan bekal ilmu parenting jika belum mengerti. Sebab menurut salafus sholihiin, kesholihan anak tergantung kesholihan ibunya. Jika kesehari-harian diasuh oleh Ibu pengasuh itu berarti dia berperan sebagai ibu si bayi. Namun, kesholihan pertama tetap berada pada seorang Ibu kandungnya.

Ketiga: Membesarkan.

Ibu dikiaskan sebagai Mataharinya Alam. Itu artinya, jika ibu bahagia maka alam-pun bahagia. Jika ibu bersedih maka alam-pun turut bersedih. Matahari merupakan penyinar utama dunia. Begitu juga Ibu menjadi penyinar anak yang pertama dan utama (dalam Bahasa Arab: Al Um Madrasatul Uulaa= Ibu merupakan sekolah yang pertama bagi anak)

Oleh karena itu, kewajiban Ibu selanjutnya adalah membesarkan anak dengan menyinari ilmu agama. Ingat,  membesarkan anak perlu disertai pemahaman dari berbagai ilmu agama dan ilmu parenting. Mengikuti masa-masa tumbuh kembang sang anak. Memberikan fasilitas hidup dari hasil kerja, uang halal orang tua, sekaligus menyiapkan kehidupan yang layak untuk masa muda hingga tuanya. Membekali ilmu agama, memilihkan Kyai/Guru, menyekolahkannya di tempat yang benar-benar sesuai dengan keinginan anak dan harapan orang tua. Hal ini bisa membantu si anak hidup bahagia dunia nanti ketika sudah menjadi dewasa serta hidup bahagia di akhirat. Bahwasanya pendidikan-pendidikan masa kecilnya akan dipraktekkan ketika dia dewasa. Akan diaktualisasikan dalam kehidupan kecil rumah tangganya, sampai pada kehidupan besar bermasyarakat dan bernegara. Berharap menjadi pemimpin tegas bagi dirinya dan lemah lembut pemberani bagi orang lain. Mengajarkan anak menjadi pribadi mandiri dan solutif menghadapi masalah.

Lalu bagaimana bakti seorang anak jika sudah berumah tangga dan jauh dari ibu kandungnya?. Baiklah, insyaAlloh akan saya bahas di artikel berikutnya. Sedangkan bagaimana pula bakti kita sebagai anak yang belum berumah tangga saat ini?. Banyak cara untuk menjadi anak yang berbakti pada Ibu dan Ayah diantaranya: patuhi segala yang diperintahkannya sembari menjalankan apa yang telah ditugaskannya. Karena ridlo Alloh ada pada ridlo Ibu. Maksudnya jika Ibu ridlo akan perbuatan anak maka Alloh juga ridlo. Jika Ibu berkata tidak maka Alloh juga berkata tidak. Hingga dikiaskan bahwa: Surga-pun ada di telapak kaki Ibu. Lakukan yang membuat Matahari dunia ini tersenyum bahagia. Takutlah akan kutuknya jelek ucapannya karena itu akan menjadi kenyataan. Untuk mencari ridlo Ibu kembali, bertaubatlah datangi Ibu. Minta maaf sebut kesalahan pelan-pelan kepada Ibu. Kalau Ibu sudah meninggal dunia ziarohi kuburnya, berdoalah kepada Alloh. Doakanlah Ibu setiap kali sesudah sholat fardlu. Karena dalam hadits shohihnya doa anak sholih tidak akan terputus didunia saja. Jika memungkinkan, berikan shodaqoh yang diniatkan untuk Ibu. InsyaAlloh ridlo Ibu dan ridlo-Nya kita peroleh kembali.

Nah mulai sekarang, marilah kita selaku orang tua khususnya menjadi sosok Ibu dengan mengintropeksi diri dan berucap baik kepada Putra-Putri kita. Sebab doa kita terkabulkan buat mereka. Ibu sebagai barang keramat anak kita di dunia. Hiasilah hari-hari kita dengan gemar mentadaburi kitabullah. Hiasilah rumah kita dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an. Hiasilah hari-hari kita dengan menjalankan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW. Mari kita berupaya menjauhi berbagai macam maksiat dan menghentikan perbuatan-perbuatan terlarang yang memasuki rumah kita. Demi kesholih-sholihahan putra-putri kita. Bantu ajari mereka cara berbakti kepada orang tua. Mohon maaf. Wallohul muwaafiq ilaa aqwamit thoriq. Wallohu A'lam bi Ashshowaab.



Komentar

  1. Nama: Riska Firnanda
    Kelas :x MIPA 6
    Absen:25




    Komentar saya:terima kasih ibu engkau telah membimbing dan membesarkan kan ku tanpa engkau mengulah .

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Eva Merdyanti
    Kelas : X Mipa 6
    Absen : 13

    Saya sangat berterimakasih kepada bu Lilis karena penyusunan kata dan kalimatnya sangat mudah dan bisa dipahami. Setelah membaca blog ini Insyaalah kedepannya saya akan lebih berbakti kepada orang tua terutama mama saya.

    BalasHapus
  4. Nama : Erivia Putri Yubi Andhika
    Kelas : X MIPA 6
    Absen :12

    Terimakasih banyak diucapkan kepada Bu Lilis atas ilmu yang telah diberikan kepada kita tentang pentingnya berbakti kepada orang tua khususnya ibu. Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi ladang pahala bagi beliau Aamiin.

    BalasHapus
  5. Terimakasih untuk saya ucapkan,karena dengan saya membaca blog ini saya akan berusaha insyaallah untuk lebih berbakti kedepannya kepada ora tua saya termasuk ibu saya.Karena sebagai mana ibu adalah ora yang sudah mengandung melahirkan merawat membesarkan.dan itu semua tidak mudah,ibu menjalaninya dengan rasa ikhlas.

    BalasHapus
  6. Nikmatul Fidiah Absen 22 XMipa6Kamis, 26 Agustus 2021 pukul 21.35.00 GMT-7

    Terimakasih banyak saya ucapkan untuk Bu Lilis,karena dengan adanya saya membaca blog ini,saya menjadi tau bahwa perjuangan keras ibu untuk membesarkan anaknya,dari mengandung melahirkan merawat itu sangatlah tidak mudah, insyaallah kedepannya saya akan berusaha untuk berbakti lebih Lanjut kepada orang tua,terutama kepada ibu saya.
    Semoga ilmu yang telah engkau berikan selalu menjadi amal kebaikan.

    BalasHapus
  7. Nama: Nikmatul Fidiah
    Kelas. :XMipa6
    Absen:22
    Terimakasih banyak saya ucapkan untuk Bu Lilis,karena dengan adanya saya membaca blog ini,saya menjadi tau bahwa perjuangan keras ibu untuk membesarkan anaknya,dari mengandung melahirkan merawat itu sangatlah tidak mudah, insyaallah kedepannya saya akan berusaha untuk berbakti lebih Lanjut kepada orang tua,terutama kepada ibu saya.
    Semoga ilmu yang telah engkau berikan selalu menjadi amal kebaikan.

    BalasHapus
  8. Nama : Sela elfina
    Kelas : X MIPA 6
    Absen : 26

    Komentar:
    Assalamualaikum wr.wb

    Lewat blog ini,saya ingin mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua saya,terutama ibu saya yang telah mengandung, melahirkan dan membesarkan saya dengan sabarnya.Segala perjuangan dan pengorbanan telah beliau upayakan untuk saya.Maafkan saya,anakmu yang selalu berbuat salah dan membuatmu marah.Terimakasih karena selalu sabar menghadapi anakmu ini dan selalu mendengarkan segala keluh kesah yang setiap hari ku ceritakan kepadamu. Ibu,semoga engkau selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang serta selalu dirahmati Allah SWT.

    Selain itu,saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis Andarwati selaku penulis blog ini dan guru yang telah membimbing kelas X MIPA 6 dalam mapel Akidah Akhlak.Karena untaian paragraf dan kalimat yang Bu Lilis buat ini,saya semakin sadar betapa mulianya seorang ibu dan betapa harus dimuliakannya seorang ibu.

    Sekian, terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  9. Nama : Mifta'fia Inka Ayu
    Kelas : X Mipa 6
    Absen : 17

    Saya ucapkan terima kasih atas nasehat bu Lilis. Karena dengan membaca blog ini saya bisa lebih introspeksi diri dan bisa lebih berbakti lagi kepada kedua orang tua terutama ibu.

    BalasHapus
  10. Nama : Anggriyan Esa Ramadani
    Absen : 03
    Kelas : X-MIPA 6

    Terimakasih banyak saya uncapkan kepada Bu Lilis atas ilmu yang telah diberikan tentang pentingnya berbakti kepada orang tua

    BalasHapus

  11. Nama: Muhammad fadhil susanto
    Absen: 14
    Kelas: X MIPA 5

    Saya ucapkan terima kasih kepada bu lilis karena bu lilis yang mengajarkan sekaligus mengingatkan atas besarnya pengorbanan seorang ibu yang telah mengandung dan membesarkan anak anak nya begitu mulianya pengorbanan seorang ibu. Semoga ilmu ibu ini menjadi ilmu yang jariah yang bisa menambah pahala ibu secara terus menerus.

    BalasHapus
  12. Nama: Marcella Aprilyanti
    Kelas: X MIPA 5
    Absen: 13

    Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis. Karena dengan blog ini saya bisa lebih memahami lagi pentingnya berbakti kepada kedua orang tua saya dan betapa mulianya perjuangan dan pengorbanan kedua orang tua saya.

    BalasHapus
  13. Nama: Nokis Ratri Gestina
    Absen:17
    Kelas:X MIPA 5

    Terimakasih bu Lilis, karena bu Lilis telah mengajarkan betapa pentingnya berbakti kepada kedua orang tua, terutama kepada Ibu.

    BalasHapus
  14. Nama: Artha Widyastanti Mumpuni
    Kelas: X MIPA 5
    Absen: 05

    Terimakasih atas ilmu,informasi yang ibu berikan kali ini.Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi siapapun yang membaca

    BalasHapus
  15. Nama : Novemy Guna Pangesti
    Kelas : X MIPA 5
    Absen : 18

    Terimakasih bu Lilis, informasi diatas sangat berguna bagi saya. Dan juga dapat menambah wawasan saya.

    BalasHapus
  16. Nama : Sandrina amelia putri mulyani
    kelas : X MIPA 5
    no. ab : 21

    Saya ucapkan terimakasih kepada bu lilis karena dengan ilmu ini saya lebih memahami arti penting berbakti kepada orang tua. dan blog ini juga dapat menambah pengetahuan bagi orang - orang

    BalasHapus
  17. Nama : IKA MAWARNI PUTRI
    Absen :08
    K.elas :X MIPA 5

    Terimakasih banyak bu berkat blog ini saya belajar bahwa seorang ibu adalah sosok yg lebih dari luar biasa ,dan saya berharap setelah membaca artikel ini insyaallah saya ingin lebih Berbakti kepada kedu orang tua terutama ibu

    BalasHapus
  18. Nama : Ririn nurul azikin (19)
    Kelas : X MIPA 5
    Terimakasih Bu Lilis krn dari blog ini mengingatkan besarnya pengorbanan seorang ibu demi anaknya dan semoga kita saya bisa lebih berbakti kepada orang tua saya terutama ibu.

    BalasHapus
  19. Nama: FITA JAUDAH M
    Absen:08
    Kelas:X MIPA 5

    Terimakasih banyak Bu Lilis atas ilmu yang telah diberikan kepada saya tentang pentingnya berbakti kepada orang tua khususnya ibu. Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi ladang pahala bagi beliau Aminn.

    BalasHapus
  20. Nazila Alfiatu Zahro kelas Mipa 5 Absen 16 Terimakasih bu lilis setelah saya membaca blog ini saya mengerti tentang pentingnya bekbakti kepada orangtua terutama ibu saya dan semoga ilmu yang bu lilis berikan bermanfaat untuk kita semua aminnn

    BalasHapus
  21. Nama: Zettira Maulidiyah
    Absen: 24
    Kelas: X MIPA 5

    Saya ucapkan terimakasih banyak Bu Lilis yang tidak pernah lelah memberikan ilmu dan mengajarkan betapa pentingnya berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu

    BalasHapus
  22. Saya ucapkan terima kasih kepada bu Lilis yang sudah mengajarkan sekaligus mengingatkan bahwa seorang anak harus patuh dan menyanyangi kedua orangtuanya terutama seorang ibu yang telah mengadung, melahirkan, menyusui, mengasuh, merawat, dan membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang seorang ibu dan seorang anak tidak bisa membalas segala jasa orang tua terutama jasa seorang ibu.

    BalasHapus

  23. Nama: Isnawati Rosyidatus Syarifah
    Absen:10
    Kelas: X MIPA 5

    Saya ucapkan terima kasih kepada bu Lilis yang sudah mengajarkan sekaligus mengingatkan bahwa seorang anak harus patuh dan menyanyangi kedua orangtuanya terutama seorang ibu yang telah mengadung, melahirkan, menyusui, mengasuh, merawat, dan membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang seorang ibu dan seorang anak tidak bisa membalas segala jasa orang tua terutama jasa seorang ibu.

    BalasHapus
  24. Nama:Aliza Putri Amelia
    Absen:03
    Kelas: X IPS 2

    Saya ucapkan terima kasih banyak kepada bu Lilis karena telah memberi materi dan mengajarkan betapa pentingnya berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu.
    Ilmu yang bu Lilis berikan sangat bermanfaat untuk kami

    BalasHapus


  25. Nama:Nurahma Indana Zulfa
    Kelas:XI IIK 1
    No. Absen:25


    Terima kasih banyak diucapkan untuk Bu Lilis , karena atas ilmu yang telah diberikan kepada kita tentang pentingnya berbakti kepada orang tua terutama kepada ibu , sebagaimana ibu adalah orang yang sudah mengandung, melahirkan, membesarkan kita dan itu semua tidak bisa dilalui dengan mudah , ibu menjalaninya dengan ikhlas, semoga ilmu yang di berikan bisa bermanfaat bagi kita dan bisa menjadikan ladang pahala untuk beliau Aamiin...

    BalasHapus
  26. Nama: Ristika Dwi Andhi Putri
    Absen:26
    Kelas: X IPS 2
    KOMENTAR: Trimakasih kepada bu lilis dengan materi ini saya semakin tau bertapa pentingnya berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  27. Nama :maharani muyasaroh
    Absen:18
    Kelas :X IPS 2
    saya ucapkan terimakasih kepada ibu lilis ,dengan adanya blog ini saya lebih sadar betapa mulianya seorang ibu yang sudah mengandung,melahirkan ,dan mendidik kita.
    Sekali lagi terimakasih ibu lilis sudah mengajar akidah ahklak di kelas ips 2 .

    BalasHapus
  28. Nama: Fadhila Kurnia Putri
    Absen: 07
    Kelas: X MIPA 1

    Saya ucapkan terima kasih sebanyak nya kepada Bu Lilis yang telah mengajarkan kepada saya betapa pentingnya berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu yang telah mengandung, melahirkan, merawat anaknya hingga besar.

    BalasHapus

  29. Nama : Regina Qurrotul Ayun.
    Kelas : X Ips-2
    No abs : 25


    terimakasih Bu Lilis, udah buat cerita yang menginspirasi, dengan begitu kita tahu bahwa, "Tidak ada manusia yang sangat mencintai kita hingga saat ini, kecuali ibu kita." jadi, sayangilah ibumu selagi dia masih ada.

    BalasHapus
  30. Nama:Muhammad Dzikri S.
    No Absen:15
    Kelas:X MIPA 1

    Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis karena telah memberi materi tentang betapa pentingnya berbakti dan menghormati kepada kedua orang tua.

    BalasHapus

  31. Nama:FARIDA SASI FEBRIANTY
    kelas: X IPS 2
    absen:10

    Terimakasih untuk Bu Lilis karena telah mengingatkan saya betapa pentingnya berbakti dan menghargai kedua orang tua kita, semoga ilmu yang Bu Lilis bagikan barokah untuk Bu Lilis aamiin, dan kedepannya Bu Lilis semakin sukses Aamiin

    BalasHapus
  32. Nama: ALFINA SOFYANIDA
    Kelas: X MIPA 1
    Absen: 01

    Terimakasih Bu Lilis, dengan ini saya lebih mengetahui lebih banyak tentang peran dan pengorbanan seorang ibu, dan saya akan lebih menyayangi dan menghormati beliau sebagai ibu sekaligus surga saya.

    BalasHapus
  33. Nama : Septi Lailiyah
    Absen : 29
    Kelas : X IPS 2

    Terima kasih banyak bu lilis karena setelah membaca blog ini saya jadi lebih paham betapa besar pengorbanan seorang ibu dalam membesarkan kita dan betapa pentingnya berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  34. Nama:Hazza Amalia putri
    Absen :12
    Kelas : x mipa 1
    Saya ucapakan terimakasih kepada ibu lilis yg sdh mengajarkan sekaligus mengingatkan bahwa seorang anak harus patuh dan menyanyangi kedua orang tuanya terutama ibu yg telah mengandung, melahirkan, menyusui, mengasuh, merawat dan membesarkan anaknya dengan penuh kasih dan sayang.

    BalasHapus
  35. Nama : Kaysa Izza W.
    Absen: 11
    Kelas. : X MiPa 5

    Terima kasih banyak bu lilis karena setelah membaca blog ini saya jadi lebih paham betapa besar pengorbanan seorang ibu dalam membesarkan kita dan betapa pentingnya berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  36. NAMA : ELLEN AJUENZI
    ABSEN : 09
    KELAS : X IPS 2

    TERIMAKASIH BU LILIS KARENA TELAH MEMBERI MATERI TENTANG BERBAKTI DAN MENGHORMATI ORANG TUA ,SAYA MENJADI LEBIH PAHAM DAN MENGERTI

    BalasHapus
  37. Nama: Amelia Putri Mauladani
    Absen: 01
    Kelas: X MIPA 5

    Terima kasih Bu Lilis, karena setelah membaca blog ini saya lebih paham bagaimana pengorbanan seorang ibu untuk membesarkan anak anak nya dari bayi sampai dewasa.
    dan pentingnya untuk berbakti kepada orang tua, patuh, dan tidak melawan.

    BalasHapus
  38. Terima kasih bu lilis atas ilmunya, setekah membaca blog ini saya jadi mengetahui peran peran ibu ke saya serta saya lebih menyayangi dan menghormati lagi

    BalasHapus
  39. Nama : Nandya Desta 'Alya
    Absen : 17
    Kelas : X MIPA 1

    Terimakasih bu Lilis sudah memberi pemahaman tentang perjuangan seorang ibu kepada anaknya mulai dari mengandung sampai membesarkannya. Dengan ini saya juga memahami bahwa peran ibu sangatlah penting bagi kehidupan saya . Dan perjuangan ibu tidak bisa dibalas dengan apapun, tetapi setidaknya dengan menghormati dan membahagiakan ibu bisa menjadi bentuk terimakasih seorang anak kepada ibunya

    BalasHapus
  40. Nama: Deviana Nofita Dwiningtyas
    Absen:03
    Kelas: X MIPA 1

    Terimakasih bu Lilis sudah memberi pemahaman mengenai perjuangan seorang ibu. Mulai dari mengandung sampai membesarkannya,dengan ini saya memahami bahwa seorang ibu sangat penting bagi kehidupan saya.

    BalasHapus
  41. Nama : Hanin Marasmitha Nabilah
    Absen : 10
    Kelas : X MIPA 1

    Terimakasih Bu Lilis atas ilmunya, setelah membaca blog ini saya lebih paham mengenai perjuangan seorang ibu dan betapa pentingnya berbakti kepada beliau.

    BalasHapus
  42. Nama : Fajar Rifa Saputra
    Absen : 07
    Kelas : X MIPA 5

    Terimakasih Bu Lilis atas ilmu yang telah diberikan dan itu sangat bermanfaat bagi saya, dan setelah membaca blog ini saya lebih paham mengenai perjuangan seorang ibu dan berapa pentingnya berbakti kepada beliau.

    BalasHapus
  43. Nama : Genis Tri Wahyuni
    Absen : 09
    Kelas : X MIPA 1

    Terimakasih Bu Lilis atas ilmunya, dengan ilmu ini saya menjadi lebih mengerti arti betapa besarnya perjuangan seorang ibu untuk anak-anaknya dan bisa memberikan pelajaran kepada saya untuk lebih menghormati dan berbakti kedua orang tua serta tidak menyia-nyiakan mereka selagi masih ada.

    BalasHapus
  44. Nama :Sonia Amalia putri
    Kelas : X mipa 5
    No absen :22
    Assalamu'alaikum, wr wb. Terimakasih kepada bu lilis karena blog ini menyadarkan saya tentang pentingnya kedua orang tua untuk saya dan besarnya pengorbanan ibu untuk melahirkan, membesarkan serta melindungi saya sampai detik ini.

    BalasHapus
  45. Nama : Blezend Syahrira Rona MayNando
    Kelas : X MIPA 5
    Absen : 06

    BalasHapus
  46. Nama : Blezend Syahrira Rona MayNando
    Kelas : X MIPA 5
    Absen : 06

    Terima kasih Bu Lilis atas ilmu yang telah di berikan, ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya. Setelah membaca blog ini saya menjadi lebih mengerti lagi dan lebih paham tentang perjuangan seorang Ibu dan betapa pentingnya berbakti kepada Ibu, serta kedua Orang Tua yang telah berperan penting dalam kehidupan saya.

    BalasHapus

  47. Nama : Chesin Nailina Qoniah
    Kelas : X MIPA 1
    Absen : 02

    Terimakasih Bu lilis atas ilmunya, karena blog ini saya jadi lebih mengerti betapa hebatnya perjuangan seorang ibu untuk mendidik anak- anaknya dan betapa pentingnya menghormati kedua orang tua saya

    BalasHapus
  48. Nama : INDI NAMIRA ALI
    Kelas : X IPS 2
    Absen : 16

    Terimakasih untuk bu lilis bahwa di materi hari ini mengajarkan bahwa kita harus menghormati kedua orang tua

    BalasHapus

  49. Nama :wahyu nur fithri anggraini
    Kelas :X ips 3
    Absen :33

    Trimakasih bu.begitu besar jasa orang tua bagi anak anak nya. Semoga ilmu yang ibu bagikan bermanfaat bagi kita semua..Amin

    BalasHapus
  50. Nama : Ahma tutik Nurhayati
    Kelas: XI Agama 2
    No.absen:02


    Terimakasih Bu lilis atas materi yang ibu berikan kepada kami,,,,Setelah membaca blog ini saya menjadi lebih mengerti lagi dan lebih paham tentang perjuangan seorang Ibu dan betapa pentingnya berbakti kepada Ibu, serta kedua Orang Tua yang telah berperan penting dalam kehidupan saya

    BalasHapus
  51. Nama : Alya Nisrina Anindia
    Kelas : X IPS 3

    Terimakasih, Bu. Atas materinya🙏

    BalasHapus
  52. Nama : Amin Dwi Astuti
    No. Absen : 03
    Kelas : XI Agama 2

    BalasHapus
  53. Nama: Aghisna Amanda Putri
    No.absen : 01
    Kelas: XI Agama 2

    Terima kasih Bu, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat bagi kita semua yang membaca.

    BalasHapus
  54. Nama:Intan Indri Kasari
    Kelas:X IPS 3
    No absen:17



    Terimakasih Bu,karena materi dari Bu Lilis saya semakin tau betapa pentingnya berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  55. Nama = Alim Khoirun Nisya
    Kelas = X IPS 3
    No. Absen= 04

    Terimakasih kepada bu Lilis, karena dengan membaca blog ini saya menjadi sadar perjuangan seorang Ibu yg begitu besar selama ini, kedepannya in-syaallah saya akan lebih berbakti kepada kedua orang tua saya terutama Ibu.

    BalasHapus
  56. NAMA : KHUMNANA FILAILIA
    KELAS : X IPS 3
    ABSEN : 20

    Terimakasih Bu Lilis atas Ilmunya yang sudah diberikan.
    Kita jadi mengetahui betapa hebatnya perjuangan dari seorang ibu.
    membesarkan anak - anak nya dengan setulus hatinya, dan tanpa meminta balasan. Jadi tugas kita harus memuliakan nya, dengan berbakti dan menyayangi beliau.
    Semoga ilmu yang ibu berikan kepada kami menjadi ladang pahala untuk ibu. Aamiin

    BalasHapus
  57. Nama: Laila Auksin Anggraini
    Kelas: X IPS 3
    No absen: 21


    Terimakasih banyak kepada Bu Lilis
    setelah saya membaca blog ini saya menjadi lebih mengerti akan perjuangan seorang ibu kepada anaknya...dan setelah membaca ini saya termotivasi untuk lebih berbakti lagi terhadap orang tua terutama adalah kepada ibu
    Saya akan berusaha untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua kedepannya,karena mengingat perjuangan nya begitu besar.

    BalasHapus
  58. Nama: Elfi Sulistyanti Rohmatin
    Absen: 12
    Kelas: XI Agama 2

    BalasHapus
  59. Nama: Moch Abdillah Nur Fauzi
    Absen: 23
    Kelas: X IPS 3

    Terimakasih bu Lilis atas ilmu yang
    sudah diberikan, semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi siapapun.

    BalasHapus
  60. NAMA : JELITA MIFTI S.
    KELAS : X IPS 3
    ABSEN : 18

    Masyaallah tabarakallah, terimakasih atas ilmu barunya Bu Lilis. Dengan begitu kami bisa lebih mengetahui betapa mulianya seorang ibu, sehingga rasa hormat dan cinta kepada ibu juga bisa lillahi ta'ala.

    BalasHapus
  61. Nama : Zalwa alia putri salsabila
    Kelas : X mipa 7
    Absen : 26

    Terimakasih bu Lilis atas materinya, melalui blog ini saya paham akan perjuangan seorang ibu kepada anaknya. Dan betapa besar jasanya dalam membesarkan anaknya.

    BalasHapus
  62. Nama : Shofia Santi Nur'Aini
    Kelas : X MIPA 7
    No absen : 20

    Terimakasih banyak kpd Bu Lilis atas ilmu yg diberikan lewat blog ini, kedepannya saya akan lebih berbakti kpd kedua orang tua saya 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus

  63. Nama: Farih Alfi Yuani
    Kelas: X mipa-7
    Absen:07

    Saya berterimakasih banyak kepada ibu Lilis,karena telah memberikan ilmu tentang perjuangan seorang ibu,dan Ayah yang begitu besar untuk keluarganya
    Semoga kedepannya saya bisa menjadi sosok pribadi yang lebih berbakti lagi dan bisa membanggakan kedua orang tua saya.
    Sehat selalu untuk ibu Lilis,dan untuk teman-teman semuanya,amiin🙏

    BalasHapus
  64. Nama : Karina Nadila Sari
    Kelas : X MIPA 7
    Absen : 09

    Terimakasih Bu atas ilmunya.

    BalasHapus
  65. Nama : Nilna Amalia
    Kelas : X Mipa 7
    Absen : 15

    Saya berterimakasih kepada bu lilis atas ilmu yang diberikan , melalui blog ini saya menjadi lebih paham mengenai betapa besarnya perjuangan yang dilakukan seorang ibu untuk anaknya

    BalasHapus
  66. Nama=Davis Arlean Renata
    Kelas=10 MIPA 7
    Absen=4
    Saya berterima kasih kepada Bu Lilis atas ilmu yang diberikan

    BalasHapus
  67. Nama:Aina Sukma Sefiana
    Kelas:X MIPA 2
    No.Absen:01

    Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bu lilis atas ilmu yang di berikan...melalui blog ini saya lebih mengetahui betapa besarnya perjuangan seorang ibu untuk anaknya,dan betapa pentingnya seorang anak untuk berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  68. Nama: Niken setyo utomo
    kelas : 10 Mipa 2
    Absen: 19

    Saya berterimakasih kepada bu lilis, hanya dengan membaca blog ini, hati saya terbuka, bahwa memang sepenting itu untuk menyayangi, menghormati, dan menjunjung tinggi derajat orang tua kita, mengingat banyaknya keringat dan rasa lelah yang beliau-beliau keluarkan demi kebahagiaan anaknya. Ucapan terimakasih tak akan cukup untuk mewakili jasa-jasa orang tua di seluruh dunia, bahu tangguh dan hati yang lembut harus dimiliki setiap orang tua, karena mendidik anak bukanlah hal yang mudah, namun sayangnya, banyak anak yang justru bersikap sebaliknya. Semoga dengan adanya blog ini banyak hati yang tersadarkan, banyak ilmu yang tersampaikan dan bisa menjadi ladang pahala bagi bu lilis❤ sekali lagi saya ucapkan terimakasih 🙏

    BalasHapus
  69. Nama : QONITA YUMNA ANNASYWA
    Kelas : X MIPA 2
    No absen : 20

    Saya mengucapkan terimakasih kepada Bu lilis atas ilmu yang diberikan, melalui blog ini saya menjadi lebih paham mengenai betapa besar perjuangan ibu untuk anaknya dan motivasi untuk selalu berbakti kepada orangtua

    BalasHapus
  70. Nama : Difka regis zahera
    Kelas : X Mipa 2
    No Absn : 07

    Terimakasih bu atas link blog nya, saya jadi mengerti betapa pentingnya menyayangi orangtua, terlebih kepada ibu... karena perjuangan ibu sangat besar apalagi ketika saat melahirkan kita, ia mempertaruhkan nyawa demi anaknya
    Maka dari itu kita harus menghormati orangtua 🙏

    BalasHapus
  71. Nama : Ajenk Yogi Melani Putri
    Kelas : X Mipa 2
    No Absn : 02

    Terimakasih bu atas link blog nya, saya jadi mengerti betapa pentingnya menyayangi orangtua, terlebih kepada ibu... karena perjuangan ibu sangat besar apalagi ketika saat melahirkan kita, ia mempertaruhkan nyawa demi anaknya
    Maka dari itu kita harus menghormati orangtua 🙏

    BalasHapus

  72. Nama: Revlin Eka Fitriana Aribah
    Kelas : X MIPA 2
    No absen: 21

    Terimakasih bu Lilis sudah memberi tentang pemahaman mengenai perjuangan seorang ibu yang luar biasa. Mulai dari mengandung sampai membesarkannya dengan penuh perjuangan ,dengan ini saya memahami dan mengetahui bahwa seorang ibu sangat penting bagi kehidupan saya tanpa seorang ibu saya tidak bisa hidup di dunia ini .

    BalasHapus
  73. Nama : Nadhifa Alma Fauziyah
    Kelas : X MIPA 2
    Absen : 18

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Lilis, yang telah membuat blog ini. Blog ini sangat bermanfaat sekali bagi kami para pembaca.
    Blog ini telah mengingatkan kepada saya, betapa hebatnya perjuangan dan banyaknya pengorbanan yang telah dilakukan ibu saya untuk saya selama ini.

    BalasHapus

  74. Nama:Reha Jheena Mahera
    Kelas : X MIPA 7
    Absen: 18

    Terima kasih bu Lilis atas ilmunya hari ini.semoga bermanfaat dan bisa memberikan pelajaran dan pemahaman buat saya dan teman².

    BalasHapus
  75. Nama; Vivi Rohmawati
    Kelas : MIPA 3
    Absen :23
    Assalamualaikum wr. Wb
    Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis ...blog ini sangat bermanfaat dan Alhamdulillah dapat menambah ilmu bagi saya atas ilmu yang disampaikan ..dan telah memberikan pelajaran bahwa besarnya pengorbanan orang tua terutama kepada ibu

    BalasHapus
  76. Nama : Yuwa Agustina Puspitasari
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 24
    Assalamu'alaikum wr.wb. Saya ucapkan terimakasih telah menulis blog ini. Blog ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu tentang pengorbanan seorang ibu. Penulisan katanya juga mudah dipahami. Dan saya berharap setelah membaca blog ini saya bisa lebih berbakti kepada orang tua terutama ibu.

    BalasHapus
  77. Nama:Surya Hakam
    Kelas:X MIPA 7
    absen:22
    assalamualaikum wr.wb
    terimakasih bu lilis atas ilmu nya, blog ini sangat bermanfaat dan juga menambah wawasan juga ilmu saya lebih dalam.

    BalasHapus
  78. Nama :Ati' Addina Kholisoh
    Kelas :X MIPA 2
    Absen :5
    Assalamu'alaikum wr wb
    Saya ucapkan terimakasih banyak untuk bu lilis telah menulis blog ini,sangat bermanfaat banget ilmu nya🙏

    BalasHapus
  79. Nama: Dhofarina Firda Kamala
    Kelas: X mipa 3
    No absen : 09

    Komentar: trimakasih untuk ibu telah melakukan yang terbaik untuk anakmu trimakasih Bu Lilis telah menulis ini sehingga saya lebih tau tentang ini

    BalasHapus
  80. Nama : ISNA 'AINUN MAHYA
    Kelas : X MIPA 7
    No : 08
    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat sore bu lilis
    Saya berterima kasih telah menjadi guru pembimbing saya, terima kasih telah membagikan blog ini kepada kami dan blog ini sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih telah menjadi yang terbaik, saya sangat sangat berterima kasih kepada bu lilis

    BalasHapus
  81. NAMA: NOVI DWI MARLINA
    KELAS:X MIPA 7
    ABSEN:16
    Assalamualaikum wr,wb
    Terima kasih bu Lilis atas ilmunya ini,karena itu saya menjadi lebih paham lagi menghargai pengorbanan orangtua terutama ibu semoga ilmu yang ibu beri ini memberikan manfaat bagi saya dan juga teman teman

    BalasHapus
  82. Nama : Lita Alfisyahrin Aprilia
    Absn : 13
    Kelas : X MIPA-3

    Terimakasih saya ucapkan kepada bu Lilis, karena telah memberikan pemahaman tentang jasa-jasa seorang ibu semoga dengan pehaman ini membuat kita menghormati dan lebih menyangi ibu kedepanya.

    BalasHapus
  83. Nama:Alfiana Rossi N
    Kelas:X MIPA 3
    No.absen:02
    Terimakasih Bu Lilis sudah menulis blog ini.Sehingga saya lebih mengerti dan faham betapa berjasanya seorang Ibu.Saya menjadi lebih berbakti dan berterimakasih kepada ibu yang telah merawat saya dari kecil sampai besar.

    BalasHapus
  84. Nama : Hanin Mauludi
    Kelas : X MIPA 2
    No.Absen : 11
    Terimakasih saya ucapkan kepada Bu Lilis karena sudah menulis blog ini.Blog ini sangat bermanfaat bagi saya,dan menambah wawasan.Terima kasih bu lilis untuk ilmunya.

    BalasHapus
  85. Nama : Hafiz Ellyan Suroso(09)
    Kelas : MIPA 2

    Saya ucapkan Terima kasih kepada bu Lilis karena sudah menulis blog ini yang sangat bermanfaat bagi semua orang termasuk saya dan blog ini sangat menambah wawasan��.

    BalasHapus
  86. Nama: Alya Citra Delviani
    Apsen : 04
    Kelas: X mipa 3

    Saya ucapkan terimakasih kepada bu Lilis
    Karena memberi materi seperti ini sangat memudah kan saya memahami matari nya.
    Dan sangat menambah wawasan ya dalam matari ini

    BalasHapus
  87. Nama : Badriyatus zahroh
    Absen : 07
    Kelas : X IIK 1
    Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis. Karena dengan blog ini saya bisa lebih memahami lagi pentingnya berbakti kepada kedua orang tua saya dan betapa mulianya perjuangan dan pengorbanan kedua orang tua saya.

    BalasHapus

  88. Nama : Puput Indah Meilia
    Kelas : X IPS1
    No Absen : 21

    Terimakasih banyak diucapkan kepada Bu Lilis atas ilmu yang telah diberikan kepada kita tentang pentingnya berbakti kepada orang tua khususnya ibu. Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi ladang pahala bagi beliau Aamiin.🤲

    BalasHapus
  89. Nama : Rosyadah Rensy DMP
    Kelas : X MIPA 4
    No. Absen : 18

    Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis. Karena dengan blog ini saya bisa lebih memahami tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.

    BalasHapus
  90. Nama:Rofik Atussa'idah
    Kelas:X IPS 1
    No.absen:26

    Saya ucapkan terimakasih banyak Bu Lilis atas ilmu yang di berikan,dengan ini saya bisa lebih memahami pentingnya berbakti kepada kedua orang tua saya.

    BalasHapus
  91. Nama:Fajaria Arum Yunita Putriani
    Kelas:X MIPA 4
    Absen:8

    Komentar:Terimakasih atas materinya bu lilis

    BalasHapus
  92. Nama: Khana Fita Kuria
    Kelas: X IPS 1
    No. absen: 16

    Saya ucapkan terimakasih banyak atas ilmu yang telah Bu Lilis berikan, karena setelah membaca blog ini saya bisa lebih memahami pentingnya berbakti kepada kedua orang tua saya

    BalasHapus
  93. Nama : Refinda Intan Permata Dewi
    Kelas : X MIPA 4
    No. Absen : 16

    Terimakasih Bu Lilis atas ilmu yang disampaikan melalui blog ini. Semoga ilmunya bermanfaat, dan menjadi amal jariyah. Aamiin

    BalasHapus
  94. Nama : Alliyah
    Kelas : x mipa 4
    No.absen : 1

    Terimakasih Bu atas ilmunya, dengan melalui blog ini saya bisa lebih mengetahui betapa pentingnya berbakti kepada orang tua saya.

    BalasHapus
  95. Nama : yessa okta nuzyla verlymasari
    Kelas : X MIPA 4
    No. Absen : 20

    Terimakasih bu lilis atas ilmu yang telah diberikan ini, semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  96. Nama ; Khanza Sagita Rahmadani
    Kelas ; X MIPA 4
    No . Absen ; 11

    Assalamualaikum wr.wb.
    Terimakasih bu lilis
    Dengan blog ini saya lebih mengetahui pentingnya berbakti orang tua.dan semua mengingat semua perjuangan yang telah orang tua lakukan
    Semoga bu lilis diberikan kesehatan.

    BalasHapus
  97. Nama : Chelsea Olivia Salsabila
    Kelas : X MIPA 4
    No.Absen : 05

    Assalamualaikum wr.wb
    Terimakasih Bu Lilis ilmu yang ibu berikan tentang berbakti kepada orang tua sangat bermanfaat bagi saya dan insyaallah saya akan berusaha membahagiakan beliau dan berbakti kepadanya

    BalasHapus
  98. Nama : Efendi Dwi Baharudhin
    Kelas : X MIPA 4
    No Absen : 07

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Saya menyadari bahwa kewajiban seorang anak adalah berbakti kepada orang tua. Terima bu lilis,semoga bu lilis diberikan panjang umur dan kesehatan oleh Allah SWT amiin.

    BalasHapus
  99. Nama : Lylen Eka Trysnio
    Kelas : X MIPA 4
    No. Absen : 12

    Terimakasih Ibu Lilis atas ilmu yang diberikan, dengan adanya blog ini kita jadi lebih mengerti seberapa pentingnya untuk berbakti kepada orang tua termasuk ibu, karena melihat bagaimana pengorbanan yang telah diberikan untuk membesarkan anak-anaknya. Semoga ilmunya bermanfaat, Aamiin.

    BalasHapus
  100. Nama : Zeni Nur Rohmah
    Absen : 22
    Kelas : X MIPA 4

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Terimakasih bu, atas materi yg telah ibu berikan. Karena dengan blog ini saya bisa lebih memahami tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.

    BalasHapus
  101. Nama : Asyifa Fauziah Umma
    Kelas : X MIPA 4
    No. Absen : 3
    Saya ucapkan terimakasih kepada Bu Lilis. Karena dengan blog ini saya bisa lebih memahami lagi pentingnya berbakti kepada kedua orang tua saya dan betapa mulianya perjuangan dan pengorbanan kedua orang tua saya.

    BalasHapus
  102. Nama : Bela Riski Rahmadhani
    No absen : 04
    Kelas : X MIPA 4

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terimakasih Bu,Saya menjadi lebih berbakti dan berterimakasih kepada ibu yang telah merawat saya dari kecil sampai besar.

    BalasHapus
  103. Nama: Imro'atu Mustika Ababil
    No.absen : 9
    Kelas : X MIPA 4
    Terimakasih Bu Lilis karna telah menambah ilmu kami melalui blog ini,"kita sebagai seorang anak tidak boleh melupakan seribu kebaikan yang telah ibu kita berikan kepada kita,hanya karna satu kesalahan yang beliau perbuat",semoga ilmu yang ibu sampaikan di blog ini akan bermanfaat untuk orang lain,dan menjadi amal jariyah untuk Bu Lilis,aamiin🤲

    BalasHapus
  104. Nama : Wening Estu Palupi
    Absen : 19
    Kelas : X MIPA 4

    Terimakasih banyak bu berkat blog ini saya belajar bahwa seorang ibu adalah sosok yang lebih dari luar biasa ,dan saya berharap setelah membaca artikel ini insyaallah saya ingin lebih Berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu..

    BalasHapus
  105. Nama : Zuliya Azizatul Mafhumah
    Kelas : X MIPA 4
    No. Absen : 24



    Terimakasih saya ucapkan untuk Bu Lilis, karena dengan adanya blog ini, dapat mengingatkan saya untuk lebih berbakti dan menghormati kedua orang tua terutama ibu, karena pengorbanannya sangat besar dari mengandung, melahirkan, mengasuh, merawat, dan membesarkan dengan penuh kasih sayang.

    BalasHapus
  106. Assalamualaikum
    Nama: jhullian Alya Brillianti
    Kelas : X MIPA 4
    Absen 10

    Terimakasih Bu atas ilmu yang diberikan, dengan blog ini saya memahami betapa pentingnya berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  107. Assalamuallaikum
    Nama : Yustiyan fahrurossy
    Kelas : X MIPA 4
    Absen : 21

    Terima kasih Bu atas materi yang telah diberikan tentang pentingnya mmenghormati dan menghargai orang tua.

    BalasHapus
  108. Nama: Nurhabibah Khoirotunnisa
    Kelas: 10 MIPA 4
    Absen: 15

    Assalamualaikum wr wb
    Terima kasih bu Lilis telah membagikan ilmunya lewat website seperti ini, dengan bahasa yang mudah dipahami. Setelah membaca artikel ini wawasan saya bertambah dan sadar bahwa sebagai anak saya harus berbakti kepada orang tua

    BalasHapus
  109. Nama:Dewingga Nurdya Ganestri
    Kelas: X-Ips 1
    No Absen: 06

    Terima Kasih Bu Lilis karena telah membagikan ilmu nya dengan ikhlas lewat artikel yang mudah dipahami ssperti ini semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  110. NAMA : KHANSA FAWWAZY ADNA
    KELAS : X MIPA 2
    NO ABSEN : 13

    TERIMAKASIH KEPADA BU LILIS ATAS ILMUNYA

    BalasHapus
  111. Nama : Fatwa Faadhilah
    Kelas : 10 IPS 1
    No. Absen : 12

    Terimakasih bu untuk ilmu pengetahuan yang telah diberikan untuk kami para siswa, semoga ilmu yang engkau berikan bermanfaat dan barokah untuk kami. Kami mohon maaf bila dalam pembelajaran sering berbuat salah.

    BalasHapus

Posting Komentar

2000

Postingan Populer