Siapa Bilang Bahasa Arab itu Sulit?


Siapa bilang Bahasa Arab itu sulit?

Oleh: Lilis Andarwati


        Kita sebagai manusia muslim sudah pasti tahu bahwa Nabi kita adalah Muhammad saw., kitab kita adalah Al Qur'an. Panutan kita adalah Nabi Muhammad saw., pedoman kita adalah Al Qur'an, Ijma' dan Qiyas. Hanya saja kita belum tahu sosok manusia sempurna kekasih hati ini, namun didalam firman Alloh swt. yakni Al Qur'an Al Kariim yang berbahasa arab, cerita nyata tentang dirinya, cerita indah dalam sosok dirinya, cerita teladan yang patut dicontoh oleh kita. Didalam haditsnya-pun sudah terbayang sosok sempurna Nabi Muhammad saw., haditsnya-pun termaktub bahasa arab.
          Ayo coba, sekarang masih bilang bingung dengan bahasa arab?. Enggak kan?. Begitu mudah kita mendapatkan Al Qur'an, begitu mudah kita bisa membaca Al Qur'an. Tentunya mudah bagi seluruhnya yang bisa membulatkan niat untuk mencintai kalamulloh bi allughoh al 'arobiyyah (kalam Alloh swt berupa bahasa arab). Mudah atau sulit itu hanyalah kebiasaan, benar atau salah melafalkannya itu adalah proses, sempurna atau tidak dalam memahami maknanya  itu adalah ijtihad (kesungguhan mencari kebenaran). 
          Bahasa Arab mudah, mulailah membaca Al Qur'an, menghafalnya, membaca Hadits dan menghafalnya, lalu bacalah terjemahannya. Selanjutnya belajarlah kalima
t-kalimatnya dengan membaca berulang-ulang, lalu pelajarilah polanya, kaidah tata bahasanya (sighat, nahwu, shorof, balaghah). Lakukan setiap hari, setiap saat. Luangkan waktu untuknya, jangan nunggu waktu luang untuknya. Semoga kita dimudahkan mempelajari Bahasa Arab. Wallohua'lam bi As Showab.

Komentar

Postingan Populer