Tak Bosan-bosannya Aku Menulis

 


Lilis Andarwati bersama Peserta Didik

Tak Bosan-bosannya 

Aku Menulis

Oleh: Lilis Andarwati


Enggak tahu kenapa ya setiap rasa yang ingin aku tulis ya aku tulis aja...!!!. Kadang ngobrol sama teman-pun hasil obrolannya aku tulis...hehehehe. entah apa yang merasukiku. Tapi aku ingat-ingat memang hobby nulisku ini muncul sejak SMP ya sejak aku duduk di kelas 1 SLTP waktu itu sebutannya, sekitar tahun 1997 an. Kuingat, pertama kali nulis itu di buku diary warna pink dengan tulisan pegon (tulisan arab jawa) dan terkadang aku selipin dengan bahasa arab sebisa aku. Belum bagus juga si karanganku, namun tetap saja aku pEdE menulis...hehehehe. Dasar aku tak tau malu???. Kata orang mungkin...!!!. Hush negative thinking si tak baik tuch...!!!. Diam...!

Tetapi malu untuk memulai itu lebih malu-maluin menurut aku si...!!!hehehehe. Pura-pura bisa tapi tidak memulai, hanya mengkritik sana-sini. Itu lebih memalukan lagi bagiku. 

Iya siapa aja yang ingin menulis, silakan belajar menulis dari apa yang dilihat, dari apa yang dibaca, tulis aja jangan pedulikan salah benarnya tata bahasa. Jangan bingung milih kata-kata untuk ditulis. Udah tulis aja dengan bahasa kita sendiri mengalir sesuai dengan angan-angan. Setelah terbiasa menulis bebas sesuai fantasi, baru menulis merujuk pada suatu permasalahan, ambil tema, baca rujukan, minta bantuan orang lain untuk membaca dan mengoreksi tulisan kita. Nah lambat laun pasti tulisan kita akan berkualitas dan bermutu, terbitlah tulisan kita di berbagai media cetak, journal atau sosial media laimnya.

Berapa bulan ya tulisan kita bisa tersusun bagus rapi?. Hai hai hai, ini tu bukan acara kredit atau angsuran ya Bang Mas Ning Mbak...yang harus dibayar lunas sesuai tenggat waktu pinjaman.

Ini sih, masalah keterampilan. Semakin sering diasah keterampilan menulis, membaca dan menelaah maka semakin cepat terlihat hasil tulisan bermutu dan berkualitas. Begitu juga sebliknya yach....???!!! Kalau jarang diasah keterampilan menulisnya jangan berharap lebih dech....cukup jadi penonton aja....heeeee. 

Udah lah...tak usah banyak ragu...yuk mulai aja menulis dari sekarang...!!!hehehe. Ehmmmm....minimal menulis komentar disini yaaa....!!!. Kasihan tuch saran dan kritik kalau tak tersampaikan. Happy weekend ya semuanya sobat terbaik aku...salam literasi untuk jiwa Muslim wasathiyah jiwa saudara lintas agama tercinta dan para pelopor moderasi beragama untuk Generasi Bangsa Indonesia.


Komentar

  1. Alhamdulillah Ibu hobby yang luar biasa tergores sejak duduk di bangku SMP, anugerah terindah dari Allah SWT. Udahlah tak usah banyak ragu menulislah... Sepenggal aksara pada postingan Ibu menyeru pada kita semua utk lekaslah menulis... Menulis dan menulis good luck spesial with you Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau Unknown dr akun Ibu ini...sy tau ini adalh sahabt Terbaik sy Ibu Restu....trima kash Ibu...😍sukses jga buat Panjenengan...

      Hapus

Posting Komentar

2000

Postingan Populer