Pembelajaran Fahmul Masmu' Bahasa Arab


Pembelajaran Fahmul Masmu' Bahasa Arab

Oleh: Lilis Andarwati 
Guru MAN 1 Trenggalek

Dokpri Lilis Andarwati: Kegiatan Fahmul Masmu' di Gazebo halaman MAN 1 Trenggalek by Android

Istima’ adalah suatu pembelajaran menyimak atau mendengarkan suatu kalimat atau bacaan bahasa arab yang bertujuan  untuk  memahami  makna  kalimat yang  didengar  atau  direkam  oleh indera  pendengaran.  Istima’  merupakan  bagian  dari keterampilan berbahasa Arab. Dalam keterampilan menyimak memiliki beberapa fase. Fase ini dibagi dalam empat tingkatan, yaitu fase pengenalan, fase pemula, fase pertengahan dan fase lanjutan. Dalam pembelajaran Istima’ diperlukan strategi atau metode pembelajaran yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab bagi siswa. Fahmul masmu’' merupakan kegiatan istima’ yang diberikan kepada siswa yang sudah mencapai tingkatan istima’ fase lanjutan.  

Dalam artikel ini penulis akan menggunakan pembelajaran fahmul masmu' dengan metode imla' al-Masmu' melalui Youtube atau Tik Tok. Bagaimana cara mengajarkannya kepada siswa?. Berikut langkah-langkahnya :

a. Guru mendemonstrasikan/merekam suara dari potongan- potongan kalimat yang berkaitan dengan tema tertentu.

b. Guru membaca/merekam suara potongan-potongan kalimat di buku secara jelas dan fashih.

c. Siswa menscan barcode yang ada di UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) melalui Android

d. Siswa mendengarkan dan menuliskan potongan-potongan kalimat yang didengarkan melalui media Youtube/Tik Tok

e. Guru dan siswa mendiskusikan makna yang terkandung dengan memberikan pertanyaan.

Berikut contoh bahan fahmul Masmu' yang diajarkan untuk kelas XI MA pada semester 1 Bab 1: At Tasawwuq, melalui media Youtube.

Silakan scan:

Istima' Bab 1: At Tasawwuq

Bisa juga melalui Tik-Tok

Istima' Bab 1: At Tasawwuq
UKBM yang digunakan merupakan UKBM Kelas XI MA. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer